Manfaat Kandang Umbaran

Kandang Umbaran memiliki manfaat bagi burung kesayangan anda. tentunya burung yg akan di tempatkan di kandang umbaran yaitu burung dalam kondisi fit. Namun apabila burung kesayangan anda dalam kondisi yang...

Kandang Umbaran memiliki manfaat bagi burung kesayangan anda. tentunya burung yg akan di tempatkan di kandang umbaran yaitu burung dalam kondisi fit. Namun apabila burung kesayangan anda dalam kondisi yang tidak fit / mabung, sebaiknya jangan di tempatkan di kandang umbaran. Karena di kandang umbaran burung akan dengan leluasa terbang, dan ini akan menguras tenaga burung itu sendiri. Oleh karena itu hanya burung yang sedang dalam kondisi stabil / prima saja boleh di tempatkan di kandang umbaran tersebut.

Kandang umbaran biasanya digunakan untuk melatih stamina burung. burung yg gemuk di sarankan agar msk ke dlm umbaran. Selain bisa melangsingkan, umbaran jg bs mengencangkan otot2 MB anda terutama otot sayap.
Pernapasan stabil yg terbiasa saat terbang jg membantu agar vocal MB anda keluar nantinya,jadi pd wkt MB di fight,MB tsb tdk cpt lelah.
Setiap hari ( minimal 2x seminggu ) selesai dimandikan burung kemudian di tempatkan di kandang umbaran sambil dijemur dan di beri extrafooding seperti jangkrik & kroto ( sesuai settingan anda ). Setelah waktu di rasakan cukup untuk sang burung bermain-main di kandang umbaran tersebut (min 4jam / hari ) barulah kita masukan kembali ke kandang harian. Angin-anginkan sebentar di teras yang cukup sejuk lantas di kerodong dan digantung sambil di master.

ada 2 tips utk kandang umbaran anda :

1. Tangkringan yg satu bergoyang
- Yg satunya konstan
- Atau keduaanya bergoyang

2.  Sediakan tangkringan / tenggeran 3 bh…
tangkringan 1 dan 2, ke dua ujungnya di ikatkan tali,yg nantinya tali tsb di ikatkan ke atas kandang umbaran.
fungsinya disini adalah : jika si MB hinggap ke tangkringan tsb, maka tangkringan tsb akan goyang ke depan-belakang, kiri-kanan ,sehingga MB tsb tdk betah utk lama2 nangkring di tangringan tsb.
sdgkan tangkringan ke 3 yaitu tangkringan konstan,dimana tangkringan ini di taruh di bagian paling bawah.
fungsinya adalah jika sewaktu2 MB lelah,MB tsb bs istirahat ditangkringan yg konstan tsb.
krn stiap burung mempunyai insting yg sama, yaitu lebih memilih tangkringan yg lbh tinggi,maka MB tsb akan terbang lg ke tangkringan 1 n 2 ( tangkringan yg goyang )…dst…

original posted by : bie.JBC

Indahnya berbagi :

Baca yang lainnya :

Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar

avatar

About Kicau Mania Palembang Sumbagsel

Mercy tantry ( trie ) Jl. Punai no.28 Palembang - 08127385820-07114331883 - FB : Trie KMPS