MANFAAT MENJEMUR BURUNG PELIHARAAN DI PAGI HARI

Ada beberapa penghobi burung yang ber-agumen bahwa menjemur burung di pagi hari tidak begitu penting dan cukup sesekali saja. Alasannya karena dengan memberikan vitamin yang lengkap, bisa mengganti penjemuran tersebut. INI SALAH BESAR.!!  Karena tidak pernah ada vitamin yang bisa menggantikan manfaat sinar matahari.

BEBERAPA MANFAAT MENJEMUR BURUNG PELIHARAAN DI PAGI HARI

1. Sinar matahari di pagi hari mengandung sinar infra merah yang berguna untuk membentuk hormon testosteron, hormon estrogen dan hormon progesterone yang ada di dalam tubuh burung. 3 hormon penting ini bertanggung jawab pada rangsangan birahi burung dan organ reproduksi lainnya.

2. Sinar matahari di pagi hari mengandung sinar ultra violet yang bisa meng-ektrak pro-vitamin D yang ada di tubuh burung menjadi vitamin D3 yang sangat berpengaruh pada struktur tulang dan daya tahan organ penting lainnya.

3. Sinar matahari di pagi hari membuat sistem metabolisme di tubuh burung menjadi lancar dan optimal. Sehingga proses penyerapan sari-sari makanan dan pendistribusian sari makanan jadi tepat dan lebih efesien.

4. Sinar matahari di pagi hari bisa membunuh bibit jamur atau jamur-jamur yang bersarang di lantai sangkar, ruji atau ornamen sangkar lainnya.

5. Sinar matahari di pagi hari membunuh hampir 85% virus-virus yang menyebabkan penyakit pada burung.

6. Sinar matahari di pagi hari merupakan kebutuhan dasar biologis bagi burung, penjemuran juga berdampak besar terhadap perkembangan psikologis burung. Setiap burung akan merasa senang berjemur menikmati hangatnya sinar matahari pagi.

7. Sinar matahari di pagi hari membuat burung bebas dari kutu yang selama ini bersarang ditubuh burung.

DOKUMEN DIBUAT OLEH OM IRVAN SADEWA…

Indahnya berbagi :

Baca yang lainnya :

Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar

avatar

About Kicau Mania Palembang Sumbagsel

Mercy tantry ( trie ) Jl. Punai no.28 Palembang - 08127385820-07114331883 - FB : Trie KMPS