PERILAKU NGELOWO/NGEBATMAN PADA MURAI BATU

original posted by : Hendy Yap Dki

PERILAKU NGELOWO/NGEBATMAN PADA MURAI BATU

Ngelowo, ngalong, ngebatman atau batman forever adalah istilah MB mania untuk perilaku murai batu yg mengembangkan sayapnya, kadang2 sambil nangkring atau ngejeruji dan kadang2 ada juga yg turun ke dasar sangkar. Murai batu pada saat ngelowo hanya mengeluarkan suara kecil, tidak ngeplong/nembak dan yg lebih parah ada yg tdk bersuara sama sekali. Perilaku MB seperti ini sangat tdk disukai MB mania karena dapat mengurangi point penilaian pd saat contest.

Perilaku ngelowo merupakan sifat alamiah pada murai batu. Tidak hanya murai batu jantan, perilaku ngelowo juga banyak ditemui pada murai batu betina. Seperti kasus ngebagong pada kacer, sampai saat ini belum ada penjelasan secara ilmiah yg dapat menunjukan secara pasti apa yg menjadi sebab perilaku ngelowo pd murai batu tersebut. Yang dapat kita lakukan sebagai hobiest adalah mengenali apa yg menjadi pemicu timbulnya perilaku ngelowo pada momongan kita. Selanjutnya melakukan treatment berdasar pd faktor pemicunya utk menghilangkan atau setidaknya mengurangi timbulnya perilaku tersebut.

Dari berbagai pengalaman yg diutarakan MB mania, diketahui bahwa pemicu timbulnya perilaku ngelowo itu sering kali tdk sama antara murai batu yg satu dgn lainnya. Hal ini mungkin disebabkan karena perbedaan karakter pd setiap murai batu. Yang umum ditemui dan ditengarai sebagai faktor pemicu timbulnya perilaku ngelowo/ngebatman pada murai batu di antaranya adalah :

Over Birahi
Kalah Mental/Down
MB yang Sedang Dorong Ekor (belum tuntas mabung) di Trek dengan MB yang Mentalnya OK
MB yang Baru Selesai Mabung
MB yang Terlalu Dipaksakan untuk Terus Fight
Over Penjemuran
Tidak Nyaman dengan Tempat Gantangan
MB Terlalu Jinak
Dasar Mental Bawaan

PENYEBAB/PEMICU MURAI BATU NGELOWO/NGEBATMAN DAN TREATMENT-NYA

1. Over Birahi Disebabkan oleh kesalahan pola rawatan, juga kesalahan Perawat yang tidak bisa memantau perkembangan MB tsb. Misal MB tsb dikasih EF yang sama continue terus, dalam kurun waktu tertentu MB tsb mengalami Top Performanya, sementara rate EF tetap konstant. Akhirnya efek EF terakumulasi di MB tsb sehingga MB tsb ngelowo. Treatment :

Diembunkan setiap pagi.

Kurangi EF, terutama untuk jangkrik. Karena jangkrik ini bisa membikin tenaga yang kuat. Kasih jangkrik 1 saja di saat pagi.

Pemberian Cacing. Cacing kalau untuk AM untuk daya tahan telernya. Namun untuk MB justru untuk MEREDAM birahinya. Pemberian cukup disesuaikan dengan karakter MB. Diberikan setiap pagi dan sore.

Stop EF Sama Sekali. Saya pernah punya mb yg menunjukkan gejala ngelowo / ngebatman, langsung saya stop ef sama sekali kira kira satu bulan. Dan berhasil. Sepertinya mb saya kebanyakan ef.

Kandang Umbaran. Bagi MB nglowo, Kandang Umbaran adalah wajib. Jangan lupa dikasih tempat bak mandi, biar mandi sendiri. 1 hari wajib dikandang umbaran, agar sifat birahinya dikeluarkan semua dan kalau bisa diterbangkan minimal 200 kali selama sehari.

Alangkah baiknya si MB di umbar di kandang umbaran dan di simpan di luar (tdk tertutup). Sehingga setiap pagi terkena embun.

Kurangi EF hariannya yg biasanya pagi/sore 3 jangkrik jadi 1 jangkrik. Kroto yg biasanya seminggu 3 kali 1 sendok menjadi seminggu sekali 1 sendok.

Kalau biasanya pagi jemur 2 jam + sore jemur 1 jam menjadi cukup pagi jemur 1 jam.

Mandi malam antara jam 8 s/d 10 malam, angin2kan kurang lebih 1/2 jam langsung krodong.

Dan saat akan latihan/lomba hari minggu hari sabtunya pagi kasih EF 5 s/d 7 jangkrik dan tidak usah dimandikan.

Pada saat latihan/lomba di hari minggunya sekitar 20 menit sebelum di gantang diseprot jangan terlalu basah langsung kerodong.

Jangan dimandikan dihari H-1 dan hari H. Saya dulu punya jagoan yg dibeli pada kondisi mabung. Setelah kelar mabung dan 2 bulan nuain bulu sambil dilatih, namun ketika dibawa ke latber langsung ngebatman. Penasaran 2 minggu jajal lagi tdk ada perubahan. Setelah kurang lebih ada 3 bulan dicoba cari solusinya dan dari berbagai percobaan yang saya praktekkan ternyata saya temukan maunya ni MB. Ternyata dia dihari h-1 dan hari h ga boleh mandi. Kalau mandi pasti kumat ngebatmannya.

2. Kalah Mental/Down MB ngelowo bisa disebabkan MB yg masih muda tapi dipaksakan untuk tarung. Karena sebenarnya MB mengenal sistem Senioritas.

3. MB yang Sedang Dorong Ekor (belum tuntas mabung) di Trek dengan MB yang Mentalnya OK MB yang sedang dorong ekor/belum tuntas mabung jika di trek dengan MB yang mentalnya OK bisa menimbulkan sifat ngelowo. Pada awalnya MB yang belum tuntas mabung mungkin mau main ngeplay dan mengeluarkan semua isiannya. Tapi setelah itu langsung ngebatman dan bulunya juga ikut berdiri (seperti kacer bagong). Intinya, jangan pernah memaksakan MB yang belum tuntas dorong ekornya untuk ditrek. Hal ini akan menyebabkan MB ngelowo. Karena kita kurang sabar dan terlalu memaksakan diri,akhirnya MB kesayangan yang jadi korban

4. MB yang Baru Selesai Mabung MB2 yang baru kelar mabung memang suka galak. Sementara kondisi fisik belum siap 100 % dan libido/ birahinya belum naik (ditandai dgn gacor tanpa musuh). Nah kalo dipaksakan biasanya suka ngelowo.

5. MB yang Terlalu Dipaksakan untuk Terus Fight Pada saat titik top formnya mulai menurun (mendekati masa mabung) sering kita “sengaja” ngetrek MB yg mulai jatuh bulu dengan harapan agar proses rontok menjadi lebih cepat & ternyata “memang banyak” yg berhasil. Tapi apa pernah kita perhatikan, efeknya disaat mabung atau setelah mabung? Hal-hal yang demikian juga akan menyebabkan MB menjadi tidak/sulit mencapai top form lagi, atau malahan jadi Batman.

Treatment :

Untuk kasus pada point 2, 3, 4 dan 5 di atas hal yg terbaik dilakukan adalah pencegahan, yaitu :

Jangan memaksakan MB yg masih muda tarung, apalagi dgn MB yg lebih tua terlebih lagi dgn MB yg sudah mapan.
Jangan ngetrek MB yang sedang dorong ekor/belum tuntas mabung dengan MB yang mentalnya OK.
Jangan buru2 ngetrek MB yang baru selesai mabung. Setelah kelar mabung (bulu beres) sebaiknya jemur dulu atau plus umbar 1-2 bulan, setelah itu baru coba trek 1-2 MB. Kalau Ok, baru test latber atau kelomba lagi.
Jangan ngetrek MB yg mulai jatuh bulu (mendekati mabung).
Bila terlanjur menghadapi kasus MB dgn katagori jatuh mental, threatment yg harus dilakukan adalah memulihkan mental (kepercayaan diri) MB. Misalnya dgn cara di sanding MB cewek selama 1 bulan, beri jarak 2 meter yg penting bisa melihat, agar semangatnya pulih lagi dan merasa PD, EF dan perwawatan wajar saja seperti biasa.

6. Over Penjemuran Penjemuran yang berlebihan (over) pada MB juga bisa mengakibatkan MB ngelowo.

Treatment :

Ngelowo akibat over penjemuran pengobatannya cukup mudah, selain stop EF yg bersifat panas (Jangkrik, UH, Kelabang) diganti dengan cacing dan ulat bambu juga berikan larutan penyegar sebagai minumannya & juga tambah porsi mandinya (yg biasa 1 kali ditambah menjadi 2 kali).
Biasanya dalam satu minggu MB tersebut akan sembuh dr nglowo

Saya juga pernah mengalami kasus yang sama, setelah menjalani bergagai threatment akhirnya ketemu di pola penjemurannya. MB ku gak mau banyak jemur. Sekarang jemurnya 1/2 jam – 1 jam tergantung terik matahari, setelah itu langsung di anginkan di teras atas. Sekali dalam seminggu dimandikan malam itupun kalau siangnya panas. Alhamdulillah MBnya gak BF lagi dan tidak terlalu agresif.

7. Tidak Nyaman dengan Tempat Gantangan Ada juga MB yang ngelowo akibat tidak nyaman dg tempat/lokasi gantangan.

Treatment :

Saya pernah ngalami yg seperti itu (mb ngelowo) sdh dikurangi ef, mandi 2x, cacing, malah pernah sy adu fisik sekalian sm MB lain siapa tau sehabis tarung totol2an bs berubah. Hasilnya cuma pada luka2 sj & tetap gak ada perubahan. Setelah dipindah taruh tempat gantungan lain malah gak jd batman lagi, mungkin dulu cuma gak nyaman dgn lokasi gantungnya.

8. MB Terlalu Jinak Kalau MB didekatin orang, ekor dinaikan sayap diturunkan dada dibusungkan dan suaranya hanya itu itu aja itu pertanda MB terlalu jinak, lama2 kalau dimanja bisa ngelowo jinak.

Treatment :

Pada saat pemberian EF (UH/ jangkrik /belalang) dilempar saja ke sangkar, biar dikejar, biar agak giras MB nya. Tujuannya untuk menghindari jinak yg mendorong ke ngelowo/ngebatman.

9. Dasar Mental Bawaan Ada MB yang memang mempunyai atau memiliki dasar mental yang ciut. Sehingga saat ditarungkan dia minder duluan dan akhirnya ngelowo.Untuk kasus MB ngelowo seperti point 9 ini, belum ada treatment yg jitu untuk menyembuhkannya.

Ada satu resep yg diterapkan para pemain MB untuk mengatasi MB ngelowo ::

Ini resep para pemain MB, saya dikasih tahu bos penthol, coba Beli suntikan ya (Susah loh, harus pake resep dokter) * Beli sangobion cair : Ambil 1 ml terus suntik ke jangkrik, kasih selama 3 hr berturut-turut, amati gimana selama 1 mg … bila masih nglowo mg berikutnya kasih lagi.

Jika kesemua threatment tsb di atas sdh di lakukan dan masih saja ngelowo, hanya ada 2 solusi : 1. Tunggu sampai mabung berikutnya karena benar2 kita bisa mensetting dari nol lagi. 2. Kemungkinan memang type MBnya yg nglowo (mental bawaan).

PENUTUP

Tulisan ini disarikan dari posting2 (sharing) rekan KMers

MB Nglowo Sebab Musabab & Solusinya

Batman forever

Semoga tulisan (rangkuman) ini dapat bermanfaat untuk MB mania jika menemui permasalahan seputar murai batu ngelowo/ngebatman.

Karena penanganan setiap hobiest berbeda, pasti masih banyak pengalaman2 lain dari warga KM mengenai treatment murai batu ngelowo. Untuk lebih melengkapi treatment2 yg ada pada tulisan ini silakan (tolong) MB mania untuk sharing di sini.

Referensi Artikel KICAU MANIA

==> Salam MB mania <==

Indahnya berbagi :

Baca yang lainnya :

Pengunjung Yang Baik Selalu Meninggalkan Komentar

avatar

About Kicau Mania Palembang Sumbagsel

Mercy tantry ( trie ) Jl. Punai no.28 Palembang - 08127385820-07114331883 - FB : Trie KMPS